Header Ads

Cara Mendapatkan Kesan Baik Di Hari Pertama Kerja.

Kepribadian seseorang sedikit banyak mempengaruhi di saat mereka ingin melakukan sesuatu. hal ini biasanya di cermin dari bagaimana cara mereka menghadapi rekan dan juga menyelesaikan masalah. hal ini akan menjadi penilaiaan sendiri bagi seseorang.
Orang dengan sifat pendiam atau introvert, punya kecenderungan sulit untuk dapat beradaptasi dengan cepat. Berbeda dengan orang extrovert yang pada dasarnya tidak canggung dengan orang baru, tentu hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit.
Dalam dunia kerja khususnya, kesan pertama sangat penting diperhatikan. Karena hal tersebut akan memengaruhi karier kita ke depannya. Bayangkan saja jika kita sudah dicap negatif, sedangkan hari itu baru hari pertama kita kerja. tentunya bukan sesuatu yang kamu inginkan bukan.
nah agar anda tidak langsung di cap buruk oleh atasan kalian . cara ini bisa kamu lakukan. yuk simak bersama di bawah ini.

1. Berusaha tersenyum di depan orang-orang baru


Hal yang paling mudah dilakukan adalah tersenyum. Anggap bahwa rekan kerja yang akan kita temui pertama kali adalah orang-orang yang dekat dengan kita sehingga senyuman yang kita lempar kepada mereka tidak terlihat dibuat-buat atau pencitraan saja. Tak dapat dipungkiri bahwa dengan kita tersenyum, orang lain akan merasa disambut dengan baik, hangat, yang tentu akan membuat mereka senang. Bayangkan saja jika kalian yang berada di sisi orang tersebut dan mendapati ada karyawan baru di kantor yang tidak suka senyum. Tentu menyebalkan, ‘kan?
2. Tidak menyilangkan lengan
Secara psikologis, otak manusia akan membuat asumsi bahwa orang-orang dengan lengan atau tangan menyilang di dada adalah orang-orang yang tertutup dan terkesan ada sesuatu yang disembunyikan. Tak jarang juga hal itu menimbulkan kesan sombong pada orang yang bersangkutan. Nah, hindari hal ini jika kalian tidak ingin dianggap arogan, terlebih saat masuk hari pertama bekerja.
3. Mencondongkan badan ke arah orang yang menjadi lawan bicara kita

Ketika kamu sedang berinteraksi dengan orang lain, jangan bersikap seolah-olah menjauh dari mereka. Tunjukkan bahwa kamu tertarik dengan obrolan kalian salah satunya dengan sesekali sedikit mencondongkan tubuh ke arah lawan bicara. Jika orang tersebut adalah atasan atau senior kalian, jangan lupa untuk tetap berlaku sopan. Berabe kan kalau hari pertama sudah dianggap genit?

4. Menyentuh lawan bicara tanpa maksud negatif 


Sentuhan kita pada lawan bicara bisa membantu memberikan kesan positif selama itu tidak dilakukan di daerah-daerah sensitif. Misalnya saja ketika asik mengobrol sesekali memegang bahu atau lengan, justru akan memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang hangat dan bersahabat. Ingat ya, tidak semua bagian tubuh dianggap wajar dipegang ketika kita berinteraksi dengan orang lain.
5. Lakukan kontak mata langsung dengan lawan bicara


Setidaknya lakukan kontak mata dengan lawan bicara sebanyak 60 persen dari total waktu kalian bersama. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan didengarkan. Coba bayangkan jika kalian yang sedang berbicara lalu teman kalian buang muka atau malah sibuk bermain gadget. Tentu saja hal itu akan menyulut emosi kalian karena merasa tidak dihargai, kan? Hal yang sama terjadi jika kalian tidak melakukan kontak mata dengan rekan bicara kalian.
6. Sesekali mengangguk ketika rekan berbicara

Anggukan yang kalian lakukan setiap mereka memberi pernyataan atau pertanyaan dapat mengisyaratkan bahwa kalian setuju dengan apa yang mereka utarakan. Hal ini secara tidak langsung akan membuat lawan bicara merasa dihargai dan didukung oleh kalian lho. Secara otomatis mereka akan semakin semangat untuk berinteraksi dengan kalian. Tapi jangan terlalu sering mengangguk juga, kalau tidak mau dianggap aneh
7. Perhatian penuh

Ketika seseorang berbicara hendaknya kalian memberikan perhatian penuh dengan fokus pada apa yang mereka ucapkan. Jangan terdistraksi dengan hal-hal di sekeliling kalian sekalipun itu penampilan lawan bicara kalian sendiri. Hal itu justru dapat menyinggung perasaan mereka dan mereka bisa saja merasa tidak dihargai. Jauhkan gadget kamu saat sedang menjadi pendengar. Jika memang harus menggunakan gadget untuk melakukan sesuatu yang penting, ada baiknya kalian meminta izin lebih dulu.
8. Memulai pembicaraan dengan sesuatu yang positif


Janganlah memulai obrolan dengan rekan kerja baru dengan topik-topik negatif yang menyulut kebencian atau kemarahan. Sebaliknya, awali pembicaraan kalian dengan sesuatu yang ringan dan positif seperti kondisi cuaca atau lingkungan sekitar yang sedang baik. Bukannya mengeluh tentang sesuatu. Basa-basi terkadang memang diperlukan untuk dapat membangun obrolan selanjutnya lho, tapi ingat, harus positif.

Itu adalah beberapa tips yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan kesan positif di awal kamu kerja. nggak sussah kan, selain membuat dirimu terlihat menarik di depan rekan-rekan kamu, kamu juga akan lebih di hargai oleh atasan kamu. dan jenjang karir akan semakin terbuka lebar untuk mu. so selamat mencoba.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.