Header Ads

Trik Atasi Hp Lemot Biar Ngga Perlu Restart Melulu.

Berkat kemajuaan teknologi banyak sekali smartphone canggil bermunculan, dari yang harga paling ekonomis sampai paling mahal sudah menawarkan beberapa aplikasi canggih yang siap memanjakan anda, namun sayangnnya seiring berjalannya waktu, performa smartphone yang kamu pakai tiba-tiba mulai melambat atau bisa dibilang lemot atau nge-lag. Lalu kamu akan berpikir, mungkin ada sesuatu yang salah dengan smartphone tersebut.
Hal ini wajar terjadi, keadaan di mana smartphone mengalami keadaan lambat dalam menjalankan perintah maupun aplikasi yang bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari spesifikasi ponsel yang nggak cukup tangguh melakukan multitasking atau kamu terlalu banyak menginstalkan aplikasi maupun cache aplikasi yang mengakibatkan smartphone menjadi lemot. Duh pasti menganggu dan membosankan banget kan ya, nah berikut ini ada beberapa tips supaya hp kamu terhindar dari lemot. yuk simak bersama di bawah ini.


1. Hindari menggunakan aplikasi secara bersamaan

Multitasking memang memudahkan kita untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, tapi sayangnya akan membuat kinerja HP semakin lemot. Menggunakan aplikasi secara bersamaan bisa mengganggu proses dan mengakibatkan loading menjadi lama karena tugas prosesor sebagai otaknya menjadi sangat berat. Solusinya, segera tutup ketika sudah selesai menjalankan aplikasi. Selain itu, jika nggak terlalu diperlukan, jangan pernah menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.
2. pemberitahuan dari aplikasi yang nggak penting Harus di nonaktifkan.

Adanya notifikasi atau pemberitahuan dari aplikasi tertentu memang memudahkanmu untuk mengetahui hal-hal terbaru yang terkait dengan aplikasi tersebut. Tapi juga memakan kerja prosesor yang nggak sedikit, belum lagi jika setiap aplikasi kamu aktifkan notifikasinya. Cobalah untuk menyeleksi beberapa aplikasi yang memang perlu untuk kamu aktifkan pemberitahuannya. Khusus untuk instant message saja, mungkin.
3. Hapus cache atau data sampah yang nggak berguna secara berkala

Yah, namanya juga sampah, memang sudah seharusnya dibersihkan atau dibuang, ‘kan? Menjalankan aplikasi terkadang bisa meninggalkan sisa data penyimpanan berkelanjutan atau disebut cache. Penumpukan cache dari aplikasi-aplikasi tersebut bisa menjadi faktor yang memperlambat kerja HP. Cache ini juga biasa disebut dengan history jika pada browser. Nah, untuk mencegah sistem menjadi lag akibat penumpukan cache, ini kamu bisa membersihkannya dengan dengan masuk ke pengaturan, lalu menuju storage atau penyimpanan, setelah itu kamu hanya menekan cache files atau cache data dan tekan OK untuk membersihkannya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi bawaan dari HP yang khusus digunakan sebagai cleaner. Atau bisa juga men-download aplikasi yang punya fungsi sama.

4. Hapus chat yang sekiranya nggak penting


Terkadang banyak dari pengguna smartphone yang meremehkan chat yang menumpuk di dalam inbox-nya. Padahal chat tersebut akan memakan memori internal dari smartphone, dan jika dibiarkan maka akan melambatkan performanya. Alangkah baiknya kamu melakukan penghapusan chat-chat yang sudah nggak penting lagi secara berkala, ya!
5. Hindari penggunaan widget yang berlebihan pada layar utama

Widget adalah sebuah ‘perwakilan’ dari aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan fitur dari aplikasi yang diwakilkan tersebut secara langsung tanpa harus membuka aplikasi sesungguhnya. Atau bisa dibilang, widget merupakan aplikasi versi mini yang bisa digunakan secara langsung pada home screen. Sebagian orang menghiasi smartphone mereka dengan berbagai widget yang tujuannya untuk memperindah tampilan atau sekadar untuk membuat kesan imut atau lucu di layarnya. Padahal hal ini sangat menguras daya baterai dan memperlambat sistem di HP. Sebaiknya kamu hanya menginstal widget yang dirasa penting saja. Batas maksimal widget yang disarankan adalah nggak lebih dari tiga buah widget yang dipasang, jika kamu memasang hanya satu widget saja, maka itu lebih baik.
5. Selain widget, hindari juga penggunaan live wallpaper

Banyak dari pengguna smartphone yang senang menggunakan live walpapper dengan tujuan untuk memperindah tampilan. Namun dibalik keindahannya, kinerja smartphone akan menjadi lambat tanpa kamu sadari. Sangat disarankan untuk nggak memakai live wallpaper agar nggak memberatkan ketika loading dan membuat smartphone menjadi lambat. Sebaiknya, pilihlah gambar yang sederhana dan memiliki ukuran yang sedang-sedang saja.
6. Atur sendiri tingkat kecerahan HP-mu sesuai yang dibutuhkan

Program auto brightness adalah sebuah program yang memiliki fungsi untuk mengatur dang mengetahui intensitas cahaya yang diterima oleh smartphone. Kelebihan dari auto brightness adalah smartphone dapat menyesuakan keadaan cahaya dengan sendirinya. Namun, kelemahan dari auto brightness akan membuat smartphone lebih lambat atau lemot, juga akan membuat daya baterai cepat habis. Kenapa nggak kamu mengatur sendiri intensitas cahaya yang kamu butuhkan?
 7. Coba periksa ketersediaan memori yang kamu miliki


Supaya smartphone nggak lambat dalam kinerjanya, hendaknya kamu memiliki banyak ruang penyimpanan yang tersisa, juga hindari dari berbagai data yang memiliki kapasitas besar dan nggak terlalu berguna. Misalnya, kamu bisa menghapus data foto, musik ataupun video yang memiliki ukuran cukup besar. Batas minimal kapasitas smartphone untuk menunjang performa adalah 20 persen dari kapasitas penyimpanan, artinya jika kamu memiliki sebuah kapasitas pada smartphone sebesar 8GB, maka kamu harus menyediakan sekitar 1GB ruang kosong. Semakin banyak ruang kosong yang tersedia, maka semakin baik pula performa smartphone nantinya.
8. pasang memori eksternal

Solusi untuk terhindar yang namanya smartphone lemot adalah dengan menambahkan memori eksternal atau yang biasa disebut Micro SD. Tujuan menambahkan memori eksternal ini adalah untuk memberikan ruang kosong bagi perangkat smartphone, dengan demikian beban pada RAM akan berkurang dan memungkinkan smartphone untuk bekerja lebih cepat dari biasanya.
9. Restart perangkat secara rutin

Bukan mitos, hanya dengan restart, perangkat smartphone akan menghentikan tugas yang berjalan juga membersihkan cache yang tersimpan secara otomatis. Dengan begitu, kinerja smartphone akan kembali ke mode normal. Kamu dapat melakukannya secara berkala untuk meningkatkan kinerja dari smartphone tersebut agar nggak lambat performanya.
10. selalu lakukan upgrade sistem operasi.

Salah satu solusi untuk mengatasi lambatnya kinerja smartphone adalah denga meng-uprgade sistem operasi ke yang terbaru. Biasanya, pada sistem operasi terbaru memiliki kelebihan yang terus ditingkatkan, antara lain juga untuk meningkatkan kinerjanya. Untuk dapat melakukan upgrade sistem operasi, kamu harus memiliki smartphone yang memiliki spesifikasi yang dapat digunakan untuk sistem operasi terbaru dan kriteria yang mumpuni untuk bisa di-upgrade.

Dengan adanya trik di atas, somoga smartphone anda kini jadi lebih baik dan terhindar dari lemot ya, selain itu melakukan beberapa tips di atas juga dapat menjaga smartphone kamu selalu nyaman di gunakan dan tidak terinfeksi virus. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.