Header Ads

Tips Darurat Mengatasi Asam Lambung Ketika Di Rumah.





Tuhan menciptakan manusia dengan detail yang sangat rinci, setiap inci tubuh kita di ciptakan dengan fungsi yang kompeks. namun karena ulah manusia juga terkadang akan terjadi berbagai gangguan karena kecerobohan nya sendiri. salah satu contohnya adalah asam lambung.



Asam lambung dapat naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease). Gejala yang ditimbulkan GERD meliputi sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, dan mulut terasa asam/pahit karena asam naik ke kerongkongan, dan perut terasa tidak nyaman.
Penyebab pasti melemahnya katup antara kerongkongan bagian bawah dengan lambung belum diketahui secara jelas. Kelebihan berat badan ataupun obesitas adalah satunya. Makanan dan minuman tertentu seperti makanan berlemak dalam jumlah banyak, cokelat, kopi, dan alkohol juga dapat meningkatkan resiko refluks. Berbagai kondisi medis juga dapat memunculkan gejala refluks asam lambung, yaitu esofagitis (radang esofagus), gastritis (peradangan pada dinding lambung), dan gastroparesis (perlambatan gerakan dan pencernaan makanan).
Mengubah Gaya Hidup Mengobati asam lambung tidak lepas dengan usaha untuk memperbaiki pola hidup, seperti:

Menghindari makanan pemicu dan mengatur porsi


GERD dapat dipicu oleh makanan yang mengandung banyak lemak. Makanan berlemak dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga lambung memproduksi asam lambung lebih banyak dan berisiko naik ke kerongkongan. Selain itu, hindari kopi, cokelat, alkohol, dan makanan pedas karena beresiko membuat katup kerongkongan bagian bawah menjadi rileks sehingga memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, usahakan makan dengan porsi kecil namun sering.

Perhatikan pakaian di sekitar perut

Hindari mengenakan pakaian yang ketat di bagian perut. Tekanan pada pakaian ketat ini dapat memicu isi perut terpancing kembali ke esofagus dan menyebabkan muntah. Agar lebih aman, gunakan pakaian yang longgar, terutama di sekitar perut.

Tidak melakukan gerakan yang mungkin menekan perut

Tentu saja Anda tetap harus berolahraga agar selalu sehat. Namun, hindari melakukan gerakan yang mungkin menjadikan perut tertekan, antara lain gerakan peregangan, naik tangga, dan membungkuk. Waktu olahraga pun harus diperhatikan, jangan melakukannya ketika baru selesai makan. Berikan jeda waktu sekitar 2-4 jam setelah selesai makan.

Tidur yang cukup

Refluks asam lambung dapat terpicu apabila tubuh Anda memproduksi hormon stres akibat kurang tidur. Jangan diabaikan, kondisi ini bisa menciptakan komplikasi, mulai dari tahap risiko mengalami penyakit kronis hingga akhirnya ke tahap dapat menurunkan tingkat harapan hidup. Segera perbaiki pola tidur Anda agar kebutuhan akan tidur dapat tercukupi.

Tidur dengan posisi lebih tinggi

Yang harus dilakukan adalah meninggikan posisi tubuh atas lebih tinggi dari tubuh bagian bawah. Bagian tubuh atas yang butuh ditinggikan adalah pinggang ke atas. Hanya menambahkan bantal di kepala biasanya tidak efektif.
Mengobati Asam Lambung dengan Ramuan Alami Di rumah, Anda juga dapat mencoba membuat ramuan alami. Inilah beberapa contoh di antaranya:

Jahe

Rempah ini dapat membantu proses pengosongan lambung sehingga gejala refluks asam lambung dapat dikurangi. Anda dapat menggunakan jahe bubuk atau jahe mentah sekitar 1-2 gram untuk dikonsumsi satu jam sebelum makan.

Permen karet

Permen karet bebas gula membantu merangsang produksi air liur. Air liur bersifat basa sehingga membantu menetralkan asam lambung. Pilihlah permen karet bebas gula dan kunyah selama setengah jam setelah makan. Hindari permen karet rasa mint karena dapat memicu refluks asam lambung.

Baking soda

Satu sendok teh baking soda yang dilarutkan dengan segelas air dapat membantu menetralkan asam lambung. Lakukan hingga empat kali sehari pada 1-2 jam setelah makan. Baking soda berfungsi membantu pencernaan dan menetralkan asam lambung.

Teh chamomile

Teh chamomile sudah sering digunakan masyarakat untuk mengobati dispesia atau maag. Sayangnya penelitian medis mengenai hal ini masih jarang. Usaha untuk mengobati asam lambung dapat dilakukan di rumah melalui perubahan gaya hidup. Walau tidak ada bahan alami yang dapat memperbaiki kerusakan esofagus akibat GERD, beberapa jenis bahan alami mungkin dapat membantu meredakan gejala. Selain itu, berbagai obat untuk mengendalikan asam lambung dapat Anda dapatkan secara bebas di apotek. Namun, jika gejalanya tidak kunjung membaik, Anda disarankan untuk segera menghubungi dokter agar mendapatkan pengobatan medis yang tepat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.