Header Ads

Investasi Rumah Sewaan? Siapa Takut !! Pelajari Saja Ini!!

Investasi rumah kontrakan atau rumah sewaan merupakan pilihan investasi yang cukup menjanjikan saat ini. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang merantau ke kota besar untuk mencari pkerjaan yang lebih layak, mereka tentu memerlukan tempat tinggal sementara yang nyaman. Pada kesempatan inilah harus kamu manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan besar. Tak hanya nilai jual rumah saja yang meningkat tiap tahunnya nilai sewa rumah pun akan turut andil naik pada setiap tahunnya. Sudah dapat dipastikan jika investasi properti berupa sewaan ini akan mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Bagi kamu yang sudah memiliki niat untuk menjalankan investasi ini yuk simak dan pelajari kelebihan dan kelemahan dari investasi rumah sewaan ini.


KELEBIHAN INVESTASI RUMAH SEWAAN

Banyak peminat
Rumah sewaan yang memiliki fungsi untuk dijadikan sebagai tempat tinggal sementara masih sangat banyak diminati oleh masyarakat. Khususnya pada kawasan perkantoran, industri, dan kawasan berkembang. Selain itu semakin meningkatkan tingkat perekonomian pada tingkat menengah yang sebagian besar diisi oleh [ada kaula muda dan atau kaum milenial, akan memunculkan kesadaran untuk hidup mandiri atau menikah pada saat usia muda dan membentuk keluarga baru sendiri. Sayangnya hal ini tidak didukung dengan kondisi mereka yang tidak mampu untuk membeli sebuah unit rumah. Nah kebanyakan dari mereka ini akan mengatasinya dengan cara yang paling praktis yaitu menyewa atau kontrak rumah.

Nilai sewa terus meningkat
Nilai jual rumah atau properti yang naik pada setiap tahunnya turut mempengaruhi harga sewa rumah atau properti pula. Hal ini sangat menjanjikan untuk bisa mendapatkan penghasilan atau pendapatan yang memuaskan. Tidak sedikit sumber yang menyatakan bahwa harga sewa rumah sewajarnya tidak kurang dari 5% nilai jual rumah tersebut. Sehingga ketika nilai nual rumah senilai Rp. 500.000.000, maka harga sewa rumah yang sewajarnya mencapai Rp. 25.000.000 setiap tahunnya. Nah pada saat nilai jual rumah naik, tentu harga sewa yang 5 % tersebut terseret naik pula.

Perawatan dan pengelolaan rumah dilimpahkan pada penyewa
Kamu tidak lagi perlu repot untuk menjaga kebersihan dan kerapihan rumah kontrakan atau sewaan yang kamu miliki. Para penyewa akan sengan sukarela merawat dan menjaga huniannya. Namun tentunya perawatan ini hanya perawatan ringan saja tidak termasuk perawatan berat seperti perbaikan – perbaikan area tertentu.

KELEMAHAN RUMAH SEWAAN

Waktu sewa pendek
Umumnya seseorang yang akan menyewa rumah akan mematok waktu yang tidak lama hanya sekitar 2 hingga 5 tahun saja. Hal ini akan bertbeda ketika kita melakukan investasi ruko atau rumah toko. Sebagian besar penyewa akan menyewa dalam jangka waktu panjang mulai dari 5 hingga 10 tahun. Meskipun begitu investasi properti yang satu ini masih cukup menjanjikan bila kamu masih pemula dalam dunia investasi properti. Ketika bisnis investasi ini sudah membuahkan hasil yang memuaskan kamu bisa mulai menjajal investasi dalam bentuk lainnya yang lebih besar keuntungannya.

Resiko rumah terabaikan kondisinya
Penyewa rumah memiliki sifat dan watak yang berbeda – beda. Ada yang memang memiliki tanggungjawab besar, ada juga yang acuk tak acuh atau bersikap apatis. Mengenai perawatan dan pemeliharaan rumah ini bisa dijadikan sebagai keuntungan dan kerugian bagi pemilih rumah. Hal in memungkinkan terjadi ketika kita mendapatkan penyewa rumah yang cukup apatis untuk memelihara rumah. Hal ini didasari oleh tidak adanya rasa memiliki atau peduli yang melekat pada diri penyewa. Hal paling buruk yang mungkin terjadi ialah penyewa kabur dengan kondisi rumah mengalami kerusakan yang cukup parah. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk memiliki dan membuat peraturan serta kesepakatan sejak awal agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Buat kesepakatan mulaidari harga sewa, jangka waktu, hingga tata tertib dan peraturan yang harus dilakukan ketika menghuni rumah sewaan milikmu.

Resiko digunakan untuk hal negative
Tidak sedikit kasus tidak menyenangkan terjadi pada suatu rumah kontrakan. Tidak sedikit kasus yang menyatakan bahwa rumah sewaan seringkali dijadikan sebagai tempat dan sasaran paling empuk untuk dijadikan sebagai tempat menjalankan usaha atau kegiatan yang berlawanan dengan hukum dan norma. Umumnya hal ini terjadi di kota – kota besar namun tidak menutup kemungkinan terjadi di kota – kota kecil juga. Hal ini akan terjadi ketika sang pemilik rumah tidak memiliki ketegasan kepada para penghuni atau penyewanya. Untuk meminimalisir hal ini sangat disarankan untuk menerapkan beberapa peraturan dan menempelkannya pada setiap rumah sewaan dengan disertai sanksi yang wajar. Lakukan kunjungan dengan rutin untuk melakukan pengecekan sekaligus bersilaturahmi dengan sang penyewa rumah.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kamu pelajari terkait kelemahan dan kelebihan melakukan investasi rumah sewaan. Bijak – bijaklah membuat keputusan, lakukan semua pencegahan akan hal – hal buruk yang mungkin terjadi untuk meminimalisir segala resiko yang akan datang di kemudian hari. Pastikan semua hal berjalan dengan rencana yang matang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.